Wednesday, March 31, 2010

Dropbox, Solusi Penyimpanan Online



Dropbox merupakan layanan free untuk menyimpan file-file dokumen dan multimedia secara online sehingga anda tidak perlu risau saat flashdisk ketinggalan, misalnya karena data anda sudah diupload di Dropbox server sehingga tinggal download saja, yang anda butuhkan adalah koneksi internet yang lumayan.
Dropbox juga sangat berguna bagi pertukaran file antar anggota kelompok, sering upload file berukuran besar tetapi selalu gagal, atau membackup dokumen penting, dll.

Proses instalasi Dropbox juga relatif mudah, anda tinggal download client Dropbox dari www.dropbox.com. Setelah instalasi anda akan diminta memasukkan data-data untuk membuka akun baru. Isilah dengan data yang sesuai. Lalu, Dropbox akan membuat sebuah shared folder. Dimana shared folder ini akan terus tersinkronisasi dengan Dropbox server, jadi anda dapat mengupload file hanya dengan proses copy/paste biasa ke dalam folder tersebut dan kamudian Dropbox Client akan mengatur sisanya. Beberapa kelebihan Dropbox adalah:

  • Tempat / space yang disediakan luas sekitar 3 GB atau 5 GB, jika anda dapat merekomendasikan Dropbox pada orang lain. Sungguh lega bukan?
  • Dapat diakses oleh komputer lain yang terhubung dengan internet di seluruh dunia sekalipun komputer tersebut tidak menginstal Dropbox. Anda tinggal pergi ke situs Dropbox, masukkan username dan password kemudian anda dapat mengakses file-file anda
  • Bebas biaya (free)
  • Sangat mudah dipakai, karena sistem upload dan downloadnya dapat dilakukan dengan copy/paste biasa ke shared folder
  • Dropbox Client mendukung berbagai platfrom OS: Windows, MacOS, dan Linux
  • Anda bisa mengkostumisasi siapa-siapa saja yang berhak masuk ke folder dropbox anda serta menentukan folder-folder mana saja yang boleh atau tidak boleh diakses
Pemasangan Dropbox di windows
cukup ikuti link ini : https://www.dropbox.com/downloading?os=win dan ikuti petunjuk berikutnya.
Pemasangan Dropbox di Linux
Bagi anda pengguna distro lain selain Ubuntu, ikuti link ini : https://www.dropbox.com/downloading?os=lnx .
Sayangnya dukungan Dropbox secara resmi baru untuk Fedora dan Ubuntu, tetapi untuk Linux lain dapat menginstal menggunakan kode source Dropbox

Untuk pengguna Ubuntu, salin kode-kode di bawah ini ke System->Administration->Software Sources->Other Software->Add

Untuk Ubuntu 9.10 :

deb http://linux.dropbox.com/ubuntu karmic main
Untuk Ubuntu 9.04 :

deb http://linux.dropbox.com/ubuntu jaunty main
Untuk Ubuntu 8.10 :

deb http://linux.dropbox.com/ubuntu intrepid main
Untuk Ubuntu 8.04

deb http://linux.dropbox.com/ubuntu hardy main
Untuk Ubuntu 7.10 :

deb http://linux.dropbox.com/ubuntu gutsy main
Klik Reload
Setelah itu install Dropbox dari System->Administration->Synaptic Package Manager.
Restart atau cukup log off dari Desktop.
Lalu cari icon Dropbox dari menu dan Dropbox akan melanjutkan sisa instalasi dan mendownload file-file yang diperlukan. Terakhir anda akan diminta untuk mengisi akun anda bagi yang sudah memiliki akun Dropbox, anda dapat langsung mengisikan password dan username akun Dropbox anda.



No comments:

Post a Comment