Wednesday, April 21, 2010

Otomatisasi Windows dengan Makro

Adalah program yang bisa digunakan untuk mempercepat tugas anda yang membosankan sehari-hari dengan fungsi-fungsi windows. Anda bisa mendapatkannya gratis di sini. Pada dasarnya program ini bekerja dengan merekam semua titik (point) yang dilakukan oleh mouse maupun keyboard pada windows, titik atau koordinat tersebut kemudian dicatat ke dalam file (.ahk).
Disini file tersebut dapat diubah menjadi .exe file, sehingga dapat berjalan seperti program. Dan setiap kali program tersbut dijalankan, windows akan mengambil alih mouse dan keyboard anda untuk melakukan kegiatan persis seperti yang sudah terekam sebelumnya. Bayangkan saja berapa banyak kemungkinan hal yang bisa dilakukan program ini. Anda juga bisa mengedit sendiri script apabila anda ingin fungsi yang lebih krestif bagi automatisasi anda.

Saya akan memberi contoh berupa proses refresh di Facebook.

Pertama, tentu install program tersebut. kemudian (favorit saya) buka Start Menu  - AutoHotkey - AutoScriptWriter (recorder)

Lalu, Buka akun Facebook di borwser anda, lalu di window AutoScriptWriter klik tombol Record.
Maka, mulai sekarangf semua kegiatan mouse, keyboard, joystick, dll akan direkam secara otomatis. Untuk sementara, klik tombol Home di Facebook anda lalu tekan tombol STOP di pojok kiri atas, maka proses perekaman akan berhenti. Lalu akan tampak hasil seperti ini:













Klik Save.

Masukkan nama file (terserah)

Tutup semua window kecuali browser anda.

Buka Convert .ahk to .exe di Start Menu.







Masukkan file yang anda sudah buat (*.ahk) dan nama file hasilnya dengan tombol Browser di samping, lalu klik Convert.
Coba anda buka file yang baru dibuat (*.exe), maka Facebook anda akan otomasti direfresh .

No comments:

Post a Comment